Sabtu, 14 Juli 2012

Ulasan Acara "Save Indonesia Music"

Ternyata nama acara pergelaran musik tanggal 13 Juli lalu bukan "Save Surabaya Music" melainkan "Save Indonesian Music".
Dengan panggung yang cukup luas sekitar 6 x 4 m diisi dengan berbagai merk back sound.  Kalau dilihat label dari setiap back sound rupanya sudah diplot oleh masing-masing grup band.  Ada yang khusus untuk BIP, ROXX, Power Metal, dll.
Acara molor dari rencana semula dimulai jam 14.00 jadi jam 14.45 dan diawali oleh sebuah grup muda yang energik, TAT dari Surabaya.
Pada saat itu penonton tidak ada sama sekali, tetapi terlihat banyak kamera dan di luar nampaknya ada kendaraan dari JTV.

Kamikaze tampil kedua, namun karena bersamaan dengan kumandang Adzan Ashar maka penampilan ditunda sekitar 10 menit.  Lalu acara dilanjutkan dengan membawakan lagu yang diciptakan oleh Almarhum Natalow Putut berjudul Racun Neraka.
Bunyi gitar dan drum cukup seimbang tapi suara bas gitar hampir tidak terdengar bahkan menurut teman yang mendengar dari depan juga seperti itu. Ini biasalah untuk awal sebuah pertunjukkan.  Band pembuka dijadikan kelinci percobaan oleh para kru sound system, mereka masih mencari format suara yang bagus.
Para pemain masih terus bergerak, bergaya dengan gagah seperti pada masa awal mereka memulai terjun ke dalam dunia hiburan di tahun 80-an.  Boleh juga dilakukan oleh para punggawa metal gaet berumur 40 tahun lebih.



Suasana mulai memanas, lagu keduapun dibawakan.  RANTING, lagu yang diciptakan oleh basist Kamikaze pada tahun 1987 atau 1988 ini mengalun manis, harmonis.  Tidak terlalu cepat dan keras tapi nuansa Heav Metal cukup terasa.  Permainan Duo Gitar Don Topeng dan Ambar ditambahkan hentakan drum Niki Gita begitu serasi.  Apalagi penampilan Amir Amroe mengingatkan pada aksi panggung teman kami almarhum Natalow Putut.  Suara keduanya juga hampir sama.  Aksi panggung Basist Rayrolfa mengajak pemain yang lain semakin bersemangat.  Seperti jaman dulu, dia bergerak mengisi ruang kosong di panggung.  Mendekat ke Drummer Niki Gita, mengajak goyang gitaris Ambar, bercanda dengan gitaris Don Topeng, Lalu bernyanyi bersama sang vokalis energik Amir Amroe.  Lalu Ranting berakhir dengar manis.  Walau tidak ada penonton, para Kamituwo - sebutan bagi para personil Kamikaze - tetap semangat.


Dan penampilan Kamikaze ditutup dengan lagu DEWA ANGIN yang juga dikarang oleh Bassist grup tersebut.Lagu ini berirama cukup cepat dan garang apalagi Drummer Niki Gita masih mampu menunjukkan kepiawaiannya menggebuk beduk inggris.  Penampilan Gitaris Ambar yang kalem tapi permainan Rythemnya mengingatkan akan Almarhum Aries.  Demikian juga cara bermain Don Topeng tidak kalah dibandingkan Gitaris Kamikaze Bogenk.

Para KAMITUWO

Nikki Gita

Rayrolfa

Amir Amroe
Don Topeng

Ambar "Kirk Hammet"

KAMIKAZE AND FRIENDS

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar